Rabu, 02 September 2009

KELAHIRAN SEORANG SASTRAWAN, PEMULIHAN FUNGSI INTELEKTUAL






oleh :WIRATMO SOEKITO


Konsep atau posisi realisme sosialis diserang terutama oleh karena posisinya yang mempertahankan, bahwa lebih baik politik dari pada seni – artinya, bila terdapat pertentangan antara politik dan seni maka politiklah yang harus dimenangkan – sedangkan sebaliknya konsep atau posisi humanisme universal diserang terutama oleh karena posisinya yang mempertahankan, bahwa lebih baik seni dari pada politik. Menurut H.B Jassin bahwa seorang penyair boleh saja menganut suatu aliran politik – katakanlah misalnya sosialisme – tetapi sajaknya harus merupakan sajak yang bermutu. Lawan-lawannya dari kubu realisme sosialis menaruh keberatan terhadap posisi ini, karena tidak mengesampingkan sajak-sajak ciptaan seorang penyair penganut imperialisme.
Tahun 1960-1963 konflik antara humanisme universal dan realisme sosialis masih terbatas pada serangan terhadap pendapat. Akan tetapi dari polemik mereka dalam tahun-tahun 1963-1964 dapat disimpulkan dengan jelas bahwa bukan hanya pendapat para penganut humanisme universal, melainkan juga hak mereka untuk berpendapat yang diserang.
Situasi budaya setelah tahun 1966 telah memulihkan iklim sebelum tahun 1963. memang benar pada tahun 1966 ajaran-ajaran Marxisme-Leninisme telah dilarang, tetapi kaum manifestan yang konsisten dengan humanisme universal mereka tidak pernah menyerang hak para penganut realisme sosialis untuk menyatakan pendapat mereka. Harus diperhatikan setelah manikebu dilarang pada tahun 1964 para penganut realisme sosialis telah menyambut dengan positif larangan tersebut sebagai suatu restu kepada mereka untuk mengganyang humanisme universal. Posisi seperti itu pada gilirannya telah disambut dengan positif oleh almarhun Ir.Soekarno yang menyatakan : Ganyanglah Manikebu, sebab Manikebu melemahkan Revolusi. Larangan Marxisme-Leninisme bukanlah tindakan budaya melainkan tindakan politik.

0 komentar:

At a Glance

Check Page Rank of any web site pages instantly:
  
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Pengikut

Meteran

sing moco

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates

Welcome to Awalxander's Kingdom

Free Guestbook
My Guestbook

Awak Ndepor

Foto Saya
Awal Age Permadi
Lihat profil lengkapku