Rabu, 02 September 2009

Moekadimah LEKRA 1959

Menjadari bahwa rakdjat adalah satoe2 -nja pentjipta keboedajaan, dan bahwa pembangoenan keboedajaan Indonesia-baroe hanja dapat dilakoekan oleh rakdjat, maka pada hari 17 Agoestoes 1950 didirikanlah Lembaga Keboedajaan Rakdjat, disingkat Lekra. Pendirian ini terdjadi di tengah2 proses perkembangan keboedajaan, yang, sebagai hasil keseloeroean dajaoepaja manoesia secara sadar memenoehi, setinggi2 -nja keboetoehan hidoep lahir dan batin, senantiasa madjoe dan tiada poeteos2 -nja.

Revoloesi Agoestoes 1945 memboektikan, bahwa pahlawan di dalam peristiwa bersedjarah ini, seperti halnja di dalam seloeroeh sedjarah bangsa kita, tiada lain adalah rakjat. Rakjat Indonesia dewasa ini adalah semoea golongan di dalam masjarakat jang menentang pendjadjahan. Revolusi Agoestoes adalah oesaha dari pembebasan diri rakjat Indonesia dari pendjadjahan dan peperangan pendjadjahan serta penindasan feodal. Hanja djika panggilan sedjarah Revolusi Agoestoes terlaksana, djika tertjipta kemerdekaan dan perdamaian serta demokrasi, keboedajaan rakjat bisa berkembang bebas. Kejakinan tentang kebenaran ini menjebabkan Lekra bekerdja membantoe pergoelatan oentoek kemerdekaan tanah air dan oentoek perdamaian diantara bangsa2, dimana terdapat kebebasan bagi perkembangan kepribadian berdjuta rakjat.

Lekra bekerdja khusus di lapangan keboedajaan, dan oentoek masa kini terutama di lapangan kesenian dan ilmoe. Lekra menghimpoen tenaga dan kegiatan seniman2, sardjana2 dan pekerdja keboedajaan lainnja. Lekra membantah pendapat bahwa kesenian dan ilmoe bisa terlepas dari masjarakat. Lekra mengadjak pekerdja2 keboedajaan oentoek dengan sedar mengabdikan daja-tjipta, bakat serta keahlian mereka goena kemadjuan Indonesia, kemerdekaan Indonesia, pembaroean Indonesia.


Djaman kita dilahirkan oleh sedjarah jang besar, dan sedjarah bangsa kita telah melahirkan poetra2 jang baik, di lapangan kesoesastraan, senibentoek, moesik maoepoen di lapangan2 kesenian dan ilmoe. Kita wadjib bangga bahwa bangsa kita terdiri dari soekoe2 jang masing2-nja mempoenjai keboedajaan jang bernilai. Keragaman bangsa kita ini menjediakan kemoengkinan jang tiada terbatas oentoek pentjiptaan jang sekaja2-nja serta sendah2-nja.

0 komentar:

At a Glance

Check Page Rank of any web site pages instantly:
  
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Pengikut

Meteran

sing moco

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates

Welcome to Awalxander's Kingdom

Free Guestbook
My Guestbook

Awak Ndepor

Foto Saya
Awal Age Permadi
Lihat profil lengkapku